45 Panwascam se-Kota Pekanbaru Resmi Dilantik

No comment 799 views
banner 160x600

riaubertuah.id

PEKANBARU - riautimes.co.id - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pekanbaru resmi melantik 45 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Pekanbaru di Hotel Grand Elite, Jumat (28/10/2022).

Sebanyak 45 Panwascam ini dilantik langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru Indra Khalid Nasution. Pelantikan Panwascam ini dihadiri Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Kapolresta Pekanbaru Pria Budi, Komisioner Bawaslu Riau Hasan, Ketua KPU Pekanbaru Anton Merciyanto, Perwakilan Kajari, serta beberapa pejabat dan para Camat dan Kapolsek se Kota Pekanbaru.

Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru Indra Khalid Nasution berpesan agar Panwascam menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.
"Jagalah amanah ini dengan sebaik-baiknya, jangan khianati kepercayaan kami, setelah ini, mambaurlah kita bersama rakyat. Karena rakyat adalah pemilik sebenarnya dari pesta ini, bersamai mereka dalam menjalani setiap tahapan pemilu nanti, jaga mereka dari hal hal yang dapat mencederai demokrasi. Kemudian berikan mereka suntikan imun, kekuatan agar mereka kebal dari godaan pihak pihak yang mementingkan diri sendiri dengan menghalalkan segala cara. Selamat bertugas, bersama rakyat awasi pemilu, bersama bawaslu tegakkan keadilan pemilu," kata Indra Khalid dalam pidatonya.

Lanjut Indra, Panwascam ini adalah orang-orang terbaik, yang peduli dengan demokrasi. Mereka adalah orang-orang terpilih diantara yang baik. Ia mengharapkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat agar mereka dapat melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban mereka nantinya dalam melaksanakan pengawasan di setiap tahapan di wilayah kecamatan masing-masing.

"Mohon abanganda Pj Walikota menugaskan orang-orang terbaik pula untuk nanti dijadikan sebagai kepala sekretariat dan bendahara di masing-masing Panwascam se-Kota Pekanbaru, dan kepada abanganda Kapolres dan sahabat - sahabat saya Kapolsek sekota Pekanbaru, mohon dukungan keamanan bagi mereka, agar mereka nyaman dalam melaksanakan tugas tugas pengawasan nantinya" kata Indra lagi.

Sementara itu, Pj Walikota Muflihun memberi apresiasi dan selamat kepada para panwascam yang terpilih. "Pertama kali tentunya kami ucapkan apresiasi, ucapkan selamat kepada seluruh panwas kecamatan yang sudah dilantik, dikukuhkan," ucapnya

Dia juga mengungkapkan harapannya tentang terpilihnya panwascam ini bisa menghasilkan produk politik yang aman dan bisa membawa negara ke arah yang lebih baik.

"Semoga ke depan tentunya bisa menjalankan amanah, menjalankan tugas dengan netral. Artinya disini tidak ada anggota panwas yang merupakan anggota parpol, jadi diharapkan dapat menjalankan amanah, bisa mengawal pemilu kita sehingga menghasilkan produk politik yang mapan, mumpuni dan bisa membawa kota ini ke arah yang lebih baik," papar dia.

Ia juga mengatakan dengan terpilihnya panwascam ini diharapkan mampu menutupi celah-celah terdahulu dan mampu bekerja lebih maksimal.

"Tentunya harapan kita, bisa panwas ini bisa lebih maksimal bekerja, mencari celah-celah terdahulu itu bisa ditutupi. Tugas panwas sendiri kalau melihat cukup berat, mengawal pelaksanaan pemilu," kata dia.

"Kalau selama ini mungkin banyak money politik yang dikawal, tidak ada lagi yang money politik. Dikawal kotak suara, habis pemilihan sampai ke tempatnya dengan baik, tidak ada lagi suara suara sumbang tentang pemilu di tahun 2024," tambah dia.